Suka Duka Jadi Fulltime Blogger

Suka Duka Jadi Fulltime Blogger

Suka Duka Jadi Fulltime Blogger - Menjadi fulltime blogger sekarang ini masih menjadi dilema yang cukup membingungkan bagi sebagian orang. Belum lagi tentang risiko yang dapat terjadi sewaktu-waktu. Lalu bagaimana prospek blogging kedepannya?

Blogger bisa dikatakan sebagai salah satu jenis usaha (freelance) yang bergerak dalam bidang online untuk menghasilkan uang, baik dari iklan maupun jasa. Bahkan di negara China, fenomena blogging menjadi topik yang cukup populer setelah pandemi Covid-19 tahun kemarin.

Banyak yang kehilangan pekerjaan dan ujung-ujungnya beralih profesi menjadi fulltime blogger. Mungkin bukan hanya China, setiap negara mengalami dampak yang sama akibat pandemi tersebut.

Info: Freelance biasa juga disebut dengan pekerja lepas yang tidak terikat kontrak dengan pekerjaan khusus. Orang yang melakukan profesi ini biasa juga disebut dengan freelancer.

Fulltime Blogger di Tahun 2024

Di awal tahun 2024 ini, efek akibat pandemi nyatanya telah berkurang. Setiap negara telah melakukan vaksinasi sebagai syarat untuk beraktivitas seperti sediakala. Lapangan pekerjaan sudah mulai dibuka dan beroperasi kembali.

Maka dari itu, apakah fulltime blogger masih worth it untuk dilakukan? Bisa dikatakan, blogger adalah salah satu jenis profesi yang cukup menjanjikan di masa sekarang dan masa depan.

Bukan hanya karena era digitalisasi yang semakin berkembang, semua orang jadi terbiasa dengan gadget mereka. Ibaratnya, apapun bisa didapatkan menggunakan gadget mereka, salah satunya mendapatkan informasi.

Sekedar Info Tentang Ferisp.com

Blog ini pertama kali dirilis tanggal 8 Maret 2020 dan dibuat untuk membantu sesama dalam mendapatkan informasi khususnya dalam bidang teknologi. Tak butuh waktu lama, tepat lima bulan setelah terbit, trafik yang masuk ternyata lumayan.

Alhasil, saya akhirnya mendaftarkan ke Google AdSense untuk mulai menayangkan iklan. Dan setelah satu bulan, blog ini akhirnya resmi menayangkan iklan AdSense. Namun benar kata orang, menghasilkan uang dari iklan tidak seinstan bekerja secara langsung.

Blog ini pertama kali withdraw setelah sembilan bulan, itupun hasilnya hanya sekitar 1,3 jutaan. Walaupun minimal, saya tekuni secara maksimal dan ternyata hasilnya lumayan juga.

Keuntungan Menjadi Fulltime Blogger

Banyak sekali keuntungan yang saya rasakan setelah menjalani profesi ini. Disamping jadwal yang dapat menyesuaikan aktivitas sehari-hari, waktu untuk keluarga juga semakin banyak. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah keuntungan menjadi fulltime blogger berdasarkan pengalaman pribadi:

  1. Tanpa jadwal
  2. Bebas libur
  3. Tidak ada tekanan
  4. Hasil lebih maksimal
  5. Lebih banyak waktu untuk keluarga.

Kekurangan Menjadi Fulltime Blogger

Terlepas keuntungan di atas, ada juga kekurangan yang perlu sobat ketahui. Hal paling mendasar yang sering terjadi adalah kehabisan ide konten. Namun masalah tersebut bisa diatasi dengan membeli artikel atau menulis ulang referensi lain. Ada lagi?

  1. Perlu informasi secara cepat
  2. Penghasilan tidak menentu
  3. Sering merasa jenuh / bosan.

Penghasilan Seorang Fulltime Blogger

Karena rasa penasaran yang tinggi, saya pernah melakukan pencarian "berapa sih penghasilan dari seorang fulltime blogger", dan ternyata hasilnya bervariasi. Ada yang jutaan hingga $2.000 per bulan. Jika dikalikan dengan kurs mata uang saat ini, $2.000 setara dengan Rp. 29.559.999.

Penghasilan tersebut bahkan dapat bertambah dari jasa-jasa yang dilakukan. Oh iya, blogger juga dapat menayangkan iklan dari platform lain seperti MGID, AdNow, dan A-Ads, agar penghasilan menjadi lebih maksimal.

Tapi tunggu, jadikan contoh penghasilan di atas sebagai pemanis dari motivasi kamu menjalani profesi ini. Tidak ada yang instan, diperlukan kerja keras dan kesabaran untuk mendapatkan itu semua. Selain itu, faktor CPC juga menjadi salah satu faktor besarnya penghasilan.

Penutup

Manusia adalah ciptaan tuhan yang sangat membutuhkan materi untuk keberlangsungan hidupnya. Banyak cara yang dapat dilakukan, salah satunya menjadi fulltime blogger. Tapi menjadi seorang blogger bukan hanya tentang merangkai kata, kita juga diwajibkan untuk memiliki sifat kreativitas, kemampuan menganalisis data, dan pemikiran jangka panjang.

Untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar, jangan hanya berfokus pada income dari iklan. Kamu nantinya juga bisa membuka jasa lain seperti:

  1. Jasa buat blog
  2. Jasa tulis artikel
  3. Jasa konten premium (berbayar)
  4. Jasa guest post (postingan tamu)
  5. Jasa ads placement (penempatan iklan)
  6. Jasa backlink
  7. Jasa review produk
  8. dll.

Penghasilan dari profesi ini memang tidak menentu, kadang lebih kecil, kadang juga meningkat tajam. Tapi apapun itu, besarnya penghasilan tergantung dari apa yang kamu lakukan dan kerjakan. Semakin banyak artikel yang dibagikan, semakin besar pula peluang untuk menghasilkan uang.

Cukup sekian artikel tentang Suka Duka Jadi Fulltime Blogger ini, Terima kasih.

Suka menulis berita yang berhubungan dengan dunia teknologi khususnya Blog, Aplikasi, Provider, Smartphone, dan Desktop

Posting Komentar

Chat via WhatsApp