Cara Optimasi Judul Artikel Blog yang Efektif

Cara Optimasi Judul Artikel Blog yang Efektif

Ferisp.com - Pada saat membaca artikel tulisan blog atau situs di internet, kebanyakan pembaca biasanya akan langsung tertuju ke bagian judul atau title dari artikel tersebut. Ya, judul memang menjadi komponen yang berfungsi untuk memberikan gambaran terhadap isi konten.

Dari fakta tersebut, kita sudah bisa mengetahui akan pentingnya menggunakan judul yang baik dan benar. Jangan sampai sudah berjam-jam di depan komputer menulis artikel, tapi ujung-ujungnya hanya dihiraukan oleh pembaca.

Setiap hari, ada jutaan hingga miliaran artikel yang dibagikan ke internet. Misalnya saja, ada lima puluh artikel yang sama dengan topik pembahasan yang akan Anda bagikan, apakah pembaca tersebut akan membaca semua artikel tersebut? Pasti tidak, rata-rata, pembaca hanya akan membuka kurang dari 5 halaman.

Lalu, bagaimana cara membuat judul artikel yang tepat menurut ilmu SEO? Untuk lebih lengkapnya, silahkan membaca pembahasan berikut ini:

Cara Optimasi Judul Artikel di Blog

Hindari Salah Pengetikan atau Typo

Seperti yang telah saya jelaskan tadi, judul menjadi komponen artikel yang menjadi perhatian pertama dari pembaca. Apa jadinya jika judul tersebut memiliki kata yang salah penulisan atau typo? Judulnya saja sudah salah, apalagi kontennya.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengecek terlebih dahulu judul yang telah ditetapkan sebelum membagikan artikel tersebut. Mencegah lebih baik daripada memperbaiki. Betul tidak?

Rangkum Seluruh Isi Halaman Menjadi Satu Kalimat

Menurut informasi yang pernah saya baca, judul yang baik adalah yang mampu mendeskripsikan seluruh isi konten dalam satu kalimat judul tersebut. Jangan sampai membahas A, tapi Anda juga menggunakan judul B.

Perhatikan Penggunaan Angka dan Simbol

Terkadang, karakter angka dan simbol sangat dibutuhkan untuk memperkuat deskripsi title yang digunakan. Namun, jangan menggunakan secara sembarangan. Gunakan pada tempatnya saja.

Misalnya saya berikan contoh, pilih salah satu judul yang akan menarik untuk Anda baca:

21 Desember 2017, Hari yang Sangat Bersejarah bagi situs Ferisp.com

21/12/2017 # Hari yang Sangat Bersejarah bagi situs "Ferisp.com"

Jika kita melihat contoh ke dua, penulisan judul tersebut seperti ala kadarnya atau bisa dikatakan lebay. Selain kurang menarik di mata pembaca, robot mesin pencari juga tidak menyukai penggunaan karakter yang sangat berlebihan.

Jangan Clickbait

Nah, ini nih yang paling sering dilakukan kebanyakan blogger pemburu Dollar. Tak jarang, mereka sering menggunakan judul yang sangat berkebalikan dengan isi konten untuk mengejar keyword yang ditargetkan. Akibatnya, pembaca bisa-bisa menjadi kecewa dan langsung meninggalkan artikel tersebut.

Bukan hanya memberikan perasaan kecewa ke pembaca, tapi hal tersebut juga akan berpotensi menaikkan rasio pantulan atau bounce rate blog di Google Analytics.

Perhatikan Panjang Pendeknya Kalimat

Pada saat membuat judul untuk artikel, jangan lupa memperhatikan panjang pendeknya kalimat. Jangan menggunakan kalimat yang terlalu pendek, jangan juga menggunakan kalimat yang terlalu panjang.

Jika menggunakan judul yang terlalu pendek, rasio untuk mendapatkan keyword tertarget menjadi lebih berkurang. Selain itu, jangan juga menggunakan judul yang panjang untuk menghindari kalimat judul yang terpotong di halaman pencarian.

Buat Daftar Untuk Pemilihan

Untuk mengeluarkan semua potensi diri dalam memilih judul yang tepat, akan lebih baik jika Anda menulis terlebih dahulu daftar judul yang berkaitan dengan isi konten. Dengan begitu, Anda bisa memilih judul yang memang menarik dan tepat untuk Anda gunakan.

Format Penulisan yang Baik dan Benar

Berbicara tentang format penulisan, kita akan kembali belajar cara menyusun kalimat utama dalam pelajaran Bahasa Indonesia.

Dalam pelajaran tersebut, kita diajarkan untuk menggunakan awalan huruf kapital pada kata yang memiliki arti penting. Berbeda halnya dengan kata yang merupakan pembantu.

Hah, pembantu? Pembantu apaan?

Jadi, berikut adalah contoh kata yang berfungsi sebagai kata pembantu dalam sebuah kalimat:

  1. bagi
  2. dan
  3. oleh
  4. untuk
  5. yang
  6. dsb.

Contoh Penggunaan:

  1. Peranan Teknologi bagi Kemajuan Bangsa
  2. Blogger dan WordPress Menjadi Platform Blogging yang Paling Banyak Digunakan
  3. Situs Ubersuggest Didirikan oleh Neil Pattel
  4. Blogger Melakukan Update untuk Memberikan Fitur yang Lebih Lengkap.

Penutup

Membuat judul untuk sebuah artikel blog sebenarnya bisa dikatakan sangat sederhana, cukup dengan membuat relevansi antara isi konten dengan kalimat yang akan digunakan sebagai judul. Namun terlepas dari itu semua, para blogger kebanyakan salah kaprah dalam mengoptimasi judul artikel.

Akibatnya, pembaca bisa saja menghiraukan artikel tersebut dan lebih memilih artikel yang mempunyai judul lebih menarik.