Tips dan Trik Share Artikel yang Aman di Facebook

Tips dan Trik Share Artikel yang Aman di Facebook, Facebook (FB) menjadi media sosial yang paling menggiurkan untuk mendapatkan pengunjung blog.
Tips dan Trik Share Artikel yang Aman di Facebook

Share Artikel di Facebook - Saat ini, Facebook atau yang biasa dikenal dengan FB menjadi media sosial yang paling menggiurkan untuk mendapatkan pengunjung blog, situs, dan website. Disamping karena kemudahannya, kita juga diuntungkan dengan volume penggunaan yang sangat tinggi.

Tak jarang, banyak blogger yang menjadikan media sosial ini sebagai prioritas utama untuk mempromosikan tulisan. Jika dilihat secara sekilas, Facebook memang sangat menjanjikan dalam hal peningkatan trafik.

Namun itu semua hanya dapat dinikmati apabila dilakukan dengan benar. Mengapa? Karena Facebook juga memiliki aturan dan algoritmanya sendiri dalam memilah semua konten. Salah sedikit saja, tautan bisa dianggap spam dan diblokir untuk jangka waktu yang tidak ditentukan.

Nah untuk mengatasi masalah tersebut, perlu adanya pemahaman tentang aturan dan algoritma yang diterapkan telebih dahulu. Di halaman terkait, pengembang telah menjelaskan secara rinci tentang bagaimana artikel dianggap aman dan bisa dibagikan ke orang lain.

Standar Komunitas Facebook

Sebelum membagikan artikel, ada baiknya untuk membaca Standar Komunitas Facebook terlebih dahulu. Setelah itu, pastikan bahwa artikel terkait memang informatif dan berguna tanpa melanggar panduan kebijakan sedikitpun.

Bukannya apa, Facebook biasanya akan langsung memblokir artikel yang membahas tentang masalah kekerasan, penghasutan, rasisme, pembajakan, dan kegiatan negatif lainnya.

Selain itu, Facebook juga akan memberikan perhatian khusus apabila ada kegiatan bagikan tautan dalam jumlah yang tidak wajar. Ya, hal tersebut sebagai jawaban dari banyaknya publisher yang menggunakan robot pengindeks secara otomatis.

Pada dasarnya, standar komunitas tersebut semata-mata dibuat untuk menjaga layanan agar tetap ramah pengguna serta aman untuk digunakan. Itulah poin penting yang dijadikan sebagai dasar pembuatan.

Cara Aman Share Artikel di Facebook

Jika telah mematuhi standar komunitas di atas, maka resiko untuk diblokir juga semakin kecil. Selebihnya, Anda hanya perlu mengatur waktu serta strategi yang efektif untuk melakukan promosi. Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah tips dan triknya:

1. Menggunakan Link Shortener / Pemendek Link

Link shortener adalah fitur pemendek tautan yang bertujuan untuk membungkus URL asli tanpa mengubah isi dari sedikitpun informasi di dalamnya. Tak jarang, fitur ini juga membuat URL semakin menarik dan mudah untuk diingat.

Ada dua website yang sering digunakan dan sudah terpercaya akan kinerjanya, yaitu Bitly dan TinyURL. Dua brand ini sudah sejak lama dikenal sebagai pemendek tautan terbaik yang memiliki kredibilitas tinggi.

Karena artikel ini lebih kepada pembatasan share artikel, maka saya tidak akan memberikan informasi lanjutan mengenai kelebihan dan kekurangan dua situs tersebut.

Jujur, saya lebih sering menggunakan TinyURL dikarenakan gratis dan link yang tidak memiliki batas waktu. Untuk lebih lengkapnya, silahkan mengikuti langkah berikut untuk proses pemendekan tautan menggunakan TinyURL:

  • Masuk ke TINYURL
  • Masukkan link yang ingin diperpendek pada kolom yang telah disediakan

  • TinyURL

  • Pilih MAKE TINYURL!
  • Setelah itu, pilih COPY untuk menyalin URL hasil

  • TinyURL

  • Selesai.

Apakah cara ini bisa bebas dari spam?

Tentu tidak ada yang dapat menjamin artikel akan bebas dari anggapan spam. Terlebih lagi jika volume share link juga tinggi. Ingat, Facebook tidak hanya menilai dari segi konten, melainkan juga aktifitas lain seperti waktu share, total share, dan masih banyak yang lainnya.

2. Menggunakan Link Redirect

Kegiatan inilah yang paling banyak digunakan oleh blogger lain saat ini. Cara kerjanya juga simpel, yaitu membuat blog gratis sebagai batu loncatan ke blog utama.

Nantinya, setiap URL di blog baru akan dialihkan / redirect ke artikel yang diinginkan. Anggap saja blog baru sebagai tameng.

Bagi yang masih bingung dengan cara kerjanya, begini, anggap Anda membuat blog gratis di Blogspot / Blogger. Setelah itu, buatlah artikel di blog baru tersebut untuk segera dibagikan ke Facebook.

Setelah berhasil dikirim, lakukan redirect halaman menuju ke artikel asli. Untuk cara me-redirect halaman, silahkan membuka link berikut:

Apakah cara ini bisa bebas dari spam?

TIDAK. Tapi cara mainnya begini, spam bikin lagi, spam bikin lagi, dan seterusnya.

3. Jangan Asal Share

Poin ini juga sangat penting untuk diperhatikan. Banyak yang mengatakan bahwa, apabila link yang dibagikan tidak mendapatkan respon berupa like atau komentar, maka link tersebut berpotensi dianggap spam.

Dengan begitu, kita bisa belajar bahwa respon dari pengguna lain juga menjadi salah satu faktor penentu Facebook dalam memblokir tautan. Dengan kesesuaian antara grup dan isi tulisan, maka potensi untuk mendapatkan respon juga menjadi lebih besar.

Jika membahas masalah teknologi, jangan share ke grup khusus makanan.

Oh iya, saya juga pernah membaca salah satu tulisan di blog Panduan IM tentang masalah ini. Dalam tulisan tersebut, dikatakan bahwa:

Kenali dulu pengguna lain untuk mendapatkan citra yang positif. Setelah dikenal dan disukai banyak orang, barulah momen tersebut bisa dimanfaatkan untuk promosi.

4. Share ke Fanpage

Inilah layanan Facebook yang jarang diketahui orang lain. Dengan fanpage, seseorang bisa lebih leluasa mengirimkan konten baik itu berupa video maupun tulisan. Lebih dari itu, layanan ini memang ditujukan untuk membuat komunitas berdasarkan minat atau promosi.

Jika digunakan dengan benar dan tetap berpatokan pada standar komunitas, maka ini adalah cara yang paling efektif dan paling aman untuk dilakukan.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan fanpage untuk memetakan pengunjung loyal agar lebih mudah dalam mendapatkan informasi yang dibagikan.

Sebagai saran, Anda bisa menggabungkan cara pertama yaitu dengan membungkus tautan asli dengan pemendek link. Setelah itu, bagikan ke halaman fanpage yang telah dibuat.

Penutup

Dengan banyaknya pengguna Facebook yang ada saat ini, tentu akan menyedihkan apabila domain teretentu di-block dan tidak bisa dibagikan.

Sebagai rangkuman, perhatikan cara yang digunakan untuk membagikan tulisan. Jangan berlebihan, jangan sembarangan, dan perhatikan standar komunitas.

Cukup sekian artikel tentang Tips dan Trik Share Artikel yang Aman di Facebook ini, Terima kasih.