Apa itu BNIB dan BNOB di Online Shop?

Apa itu BNIB dan BNOB di Online Shop?, Apakah Anda pernah melihat deskripsi produk di marketplace bertuliskan BNIB atau BNOB saat ingin berbelanja?
Apa itu BNIB dan BNOB di Online Shop?

Pengertian BNIB dan BNOB - Apakah Anda pernah melihat deskripsi produk di marketplace bertuliskan BNIB atau BNOB? Jika iya, itulah yang akan kita bahas di artikel kali ini.

Penggunaan dua istilah tersebut tentu tidak asal-asalan, melainkan mempunyai fungsinya sendiri. Adapun fungsinya yaitu memberitahukan kepada calon pembeli tentang kondisi produk yang akan dipesan.

Lazada
Sumber: Lazada / VANS STORE BANDUNG

Untuk informasi selengkapnya, silahkan dibaca sampai habis ya.

Rekomendasi: Apa itu FYI, FYA, dan FYP di Media Sosial?

Apa itu BNIB?

BNIB adalah singkatan dari kata Brand New In Box. BNIB tersebut bertujuan untuk menginformasikan bahwa produk berkaitan masih dalam keadaan baru atau original dan belum pernah dibuka.

Dengan begitu, calon pembeli bisa lebih yakin untuk segera melakukan pemesanan hingga pembayaran.

Apa itu BNOB?

Selain itu, ada juga BNOB yang merupakan singkatan dari kata Brand New Open Box. Berkebalikan dengan BNIB, BNOB bertujuan untuk menginformasikan bahwa produk berkaitan masih baru namun sebelumnya sudah dibuka.

Hal tersebut memang sering dilakukan penjual atau pembeli untuk mengecek produk terlebih dahulu, jangan sampai ada kesalahan barang atau produk tidak sesuai.

Contoh Kasus

Misalkan saya membeli sepatu di Lazada. Karena penasaran, saya langsung membuka kardusnya. Dan setelah dibuka, sepatu yang saya pesan tidak sesuai yang ada di gambar.

Karena merasa tertipu, saya akhirnya memutuskan untuk menjual ulang dengan deskripsi BNOB. Berbeda jika barang terkait tidak saya buka, maka produk tersebut masih dalam keadaan BNIB.

BNIBBNOB
Kondisi baruKondisi baru
Masih tersegelSegel rusak / robek
Harga asliHarga lebih murah
Tidak dicekSudah dicek.

Rekomendasi: Cara Mengatasi Error 2754 di BNI Mobile Banking

Jenis Kondisi Produk di Marketplace

Selain kedua istilah di atas, ternyata masih ada istilah lain yang sering digunakan. Istilah tersebut bisa dikatakan penting untuk mengetahui kondisi suatu barang. Berikut adalah daftarnya:

1. BNWB

BNWB atau Brand New With Replace Box adalah produk yang dalam kondisi baru namun tidak memiliki box atau kotak. Namun para penjual biasanya mengakali hal tersebut dengan menggunakan kotak dari brand yang sama. Dan tetap saja, keterangan BNWB harus dilampirkan.

2. BNWOT

BNWOT atau Brand New Without Tag adalah produk yang dalam kondisi baru namun tidak memiliki tag harga atau keterangan harga. Biasanya, hal tersebut terjadi karena produk tidak lulus kelayakan untuk dijual. Itulah sebabnya mengapa Anda harus teliti saat pembelian.

3. BNIBWT

BNIBWT atau Brand New In Box With Tag adalah produk yang dalam kondisi baru dan masih dilengkapi tag harga. Hal tersebut terjadi karena pembeli tidak pernah membuka kardus dan memutuskan untuk menjual kembali.

Rekomendasi: Cara Menghilangkan Suara Noise di Lexis Audio Editor

Penutup

Dengan semua istilah di atas, Anda sekarang bisa lebih tahu tentang kondisi produk yang akan dipesan dan dibeli. Jangan salah pilih agar Anda tidak mengalami kerugian.

Cukup sekian artikel tentang Apa itu BNIB dan BNOB di Online Shop? ini, Terima kasih.

Referensi:
www.leskompi.com / tinyurl.com/2ynn29f7