Cara Membuat Laporan Konten Negatif di AduanKonten

Cara Membuat Laporan Konten Negatif di AduanKonten

Pada kesempatan kali ini, saya akan kembali membagikan tutorial Cara Membuat Laporan Konten Negatif di AduanKonten. Website ini merupakan halaman khusus yang disediakan oleh Kemkominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) sebagai sarana untuk melaporkan aktivitas digital yang dianggap merugikan.

Hal tersebut tentu sangat berguna bagi kita yang sering menulis artikel. AduanKonten bisa digunakan untuk melaporkan web-web spam, plagiat, hoax, ju*i, dan po*nografi. Tapi yang menjadi fokus kita sekarang adalah plagiat.

Semakin berkembangnya era digitalisasi di Indonesia, semakin banyak pula web-web yang hanya mengandalkan artikel plagiat. Kadang bingung juga, kalau malas nulis artikel, sebaiknya jangan ngeblog.

Ibarat lempar batu sembunyi tangan, mereka akan menulis ulang semua artikel yang dianggap menguntungkan yang ujung-ujungnya menyakiti tulisan asli. Peringkat akan semakin turun dan menyebabkan kualitas SEO menjadi berkurang.

Beruntunglah karena Kemkominfo sebagai lembaga tertinggi yang mengatur tentang informasi juga memberikan halaman aduan berupa AduanKonten. Untuk melakukan pelaporan, simak ulasan berikut.

Cara Membuat Laporan Konten Negatif di AduanKonten

Sebelum lebih lanjut, pastikan untuk mendaftar terlebih dahulu di AduanKonten. Jika tidak ingin repot masalah pendaftaran, kamu bisa menggunakan akun Google untuk mulai login.

  • Masuk ke ADUANKONTEN
  • Pilih BUAT ADUAN BARU
  • Lengkapi data yang diminta seperti berikut:

  • Cara Membuat Laporan Konten Negatif di AduanKonten

  • Pada bagian FILE PENDUKUNG, kamu bisa melampirkan screenshoot bukti kerugian yang dialami
  • Pilih KIRIM
  • Selesai.

Setelah terkirim, aduan yang dituliskan tadi akan masuk sebagai daftar aduan dilengkapi dengan status pelaporan. Jika diperiksa dan terbukti melakukan pelanggaran, maka status akan berubah menjadi selesai.

Tidak sampai disitu, URL pelanggar juga akan diberikan sanksi berupa penghapusan oleh mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo.

Penutup

Seperti yang sering saya katakan, pasti ada orang jahat diantara 1000 orang baik. Seketat apapun kita memproteksi artikel agar tidak disalin, pasti ada saja celah yang dapat digunakan.

Google juga tidak bodoh, sistem mereka juga semakin dipercanggih ditambah dengan sumber daya manusia yang mendukung. Kita hanya perlu fokus untuk menulis artikel agar mendatangkan trafik yang berkualitas.

Cukup sekian artikel tentang Cara Membuat Laporan Konten Negatif di AduanKonten ini, Terima kasih.

Suka menulis berita yang berhubungan dengan dunia teknologi khususnya Blog, Aplikasi, Provider, Smartphone, dan Desktop

Posting Komentar

Chat via WhatsApp