Cara Menampilkan Opsi Hibernate di Laptop

Cara Menampilkan Opsi Hibernate di Laptop

Bagaimana Cara Menampilkan Opsi Hibernate di Laptop? - Kebanyakan laptop seri terbaru saat ini menyembunyikan hibernate pada power option. Tapi sebelum itu, apa sih yang dimaksud dengan hibernate? Fungsinya apa? Amankah digunakan?

Bagi pengguna awam, fitur ini jelas masih asing ditelinga dibandingkan mode sleep. Tapi tahukah kamu, penggunaan keduanya ternyata berbeda, baik dari segi penyimpanan hingga penggunaan baterai.

Perbedaan Mode Sleep dan Mode Hibernate

Mode Sleep

Saat memasuki mode sleep, laptop akan menghentikan semua program dan aplikasi yang sedang berjalan dan menyimpannya ke dalam RAM perangkat. Setelah itu, perangkat akan otomatis mematikan layar agar penggunaan baterai menjadi lebih hemat.

Tapi perangkat tidak akan benar-benar mati dan dapat dinyalakan secepat mungkin. Jika ingin istirahat dalam waktu singkat, mode ini jelas lebih baik digunakan dibandingkan hibernate.

Mode Hibernate

Mirip dengan sleep, mode hibernate juga akan menghentikan semua program dan aplikasi yang sedang berjalan, namun aktivitas terakhir akan disimpan ke dalam hardisk atau SSD perangkat.

Meskipun masih menyuplai power, tapi tentu akan jauh lebih hemat dibandingkan mode sleep, ujar Microsoft selaku pengembang. Agar lebih efisien, kamu bisa menggunakan mode hibernate jika ingin istirahat dalam waktu yang cukup lama.

Info: Untuk keluar dari mode sleep dan hibernate, kamu hanya perlu menekan tombol power. Setelah itu, layar akan kembali menampilkan aktivitas terakhir yang dilakukan.

Apakah Mode Hibernate Merusak Laptop?

Secara singkat, mode hibernate tidak akan merusak laptop atau komputer. Mode ini diciptakan untuk mengistirahatkan perangkat dari program yang sedang berjalan. Baterai yang dibutuhkan juga sangat kecil (bahkan lebih kecil dibandingkan mode sleep).

Pertanyaannya, buat apa diciptakan kalau memang dapat merusak laptop?

Cara Menampilkan Opsi Hibernate di Laptop

  • Pada kolom pencarian laptop, ketik POWER & SLEEP SETTINGS
  • Pilih ADDITIONAL POWER SETTINGS

  • Cara Menampilkan Opsi Hibernate di Laptop

  • Pilih CHOOSE WHAT THE POWER BUTTON DOES

  • Cara Menampilkan Opsi Hibernate di Laptop

  • Pilih CHANGE SETTINGS THAT ARE CURRENTLY UNAVAILABLE

  • Cara Menampilkan Opsi Hibernate di Laptop

  • Aktifkan ceklis pada bagian Hibernate

  • Cara Menampilkan Opsi Hibernate di Laptop

  • Pilih SAVE CHANGES
  • Selesai.

Untuk mengecek apakah fitur hibernate telah aktif atau belum, silahkan klik logo windows > ikon power. Jika opsi hibernate tampil, artinya tutorial telah berhasil.

Penutup

Seperti yang telah dijelaskan di atas, mode hibernate banyak digunakan untuk mengistirahatkan perangkat dalam waktu lama. Jika ditinggalkan dalam waktu singkat, sebaiknya gunakan fitur sleep saja.

Cukup sekian artikel tentang Cara Menampilkan Opsi Hibernate di Laptop ini, Terima kasih.

Suka menulis berita yang berhubungan dengan dunia teknologi khususnya Blog, Aplikasi, Provider, Smartphone, dan Desktop

Posting Komentar

Chat via WhatsApp