Cara Mengembangkan Blog Agar Sukses dan Menghasilkan Uang

Cara Mengembangkan Blog Agar Sukses dan Menghasilkan Uang
Bagaimana cara membuat dan mengembangkan blog agar bisa menghasilkan uang?

Ferisp.com - Membuat blog bisa dikatakan sangat mudah, silahkan memilih platform yang akan digunakan untuk menulis terlebih dahulu. Setidaknya, terdapat dua platform yang paling umum digunakan, yaitu WordPress dan Blogspot. Kedua platform tersebut sudah sangat terpercaya dan telah banyak digunakan oleh blogger Indonesia saat ini, entah itu bersifat pribadi maupun sebagai tim. Setelah memilih platform, Anda bisa langsung mendaftar dengan menggunakan laptop maupun Android.

Untuk proses pengembangan, ada beberapa faktor yang sangat penting untuk diperhatikan. Faktor apa saja itu?

  1. Konten
  2. Promosi
  3. Marketing
  4. Tampilan.

Untuk lebih lengkap dan jelasnya, silahkan baca artikel berikut ini:

Cara Mengembangkan Blog Agar Sukses

Konten

CONTENT IS KING! Pepatah tersebut memang benar adanya. Mesin pencari sangat menyukai tulisan yang berkualitas dan memberikan informasi yang mendalam bagi semua pembaca. Untuk membuat konten yang berkualitas, pastikan untuk mengoptimasi semua komponen-komponen yang ada di halaman tersebut seperti:

  1. Kata kunci
  2. Gambar
  3. Tulisan
    • Tata bahasa
    • Kerapian
  4. Link
    • Internal
    • Eksternal
  5. Permalink atau URL
  6. Data pelengkap
    • Tabel
    • Statistik
    • Video.

Setelah mengoptimasi semua komponen di atas, jangan lupa untuk melakukan indeks ke mesin pencari Google, Bing, dan Yahoo.

Promosi

Mengelola dan mengembangkan blog memang bisa dikatakan gampang-gampang susah. Mengapa saya mengatakan demikian, sebagai blogger, Anda diwajibkan untuk membuat tulisan yang menarik dan lengkap. Dan dilain sisi, Anda juga berkewajiban untuk mempromosikan blog tersebut agar bisa lebih dikenali oleh orang banyak.

Namun pada saat ini, Anda bisa lebih mudah dalam melakukan promosi dengan menggunakan media sosial dan forum. Sebut saja media sosial tersebut seperti:

  1. Facebook
  2. Instagram
  3. Twitter
  4. Pinterest
  5. Quora.

Semua aplikasi media sosial di atas bisa Anda gunakan untuk melakukan promosi dengan membagikan link atau URL artikel. Namun, lakukan dalam hal sewajarnya saja, jangan sampai Anda dianggap spam dan akhirnya diblokir oleh media sosial tersebut.

Marketing

Apa sih yang dimaksud dengan marketing blog? Marketing blog merupakan usaha-usaha yang dilakukan untuk mencari pengunjung dengan metode tertentu. Jika diibaratkan, marketing berarti menjemput pengunjung atau pembaca secara langsung. Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjemput pengunjung tersebut. Namun untuk kali ini, saya hanya akan menyebutkan sebagaian dari usaha yang bisa dilakukan tersebut:

  1. Giveaway
  2. Iklan
  3. Guest post
  4. Baclink
  5. Endorsement.

Semua cara di atas bisa Anda lakukan untuk mendapatkan pengunjung secara instan.

Tampilan

Halaman yang memiliki tampilan menarik tentu menjadi modal utama Anda untuk mendapatkan pengunjung yang loyal. Dengan tampilan halaman yang menarik tersebut, pengunjung atau pembaca akan merasa nyaman dan tertarik untuk melihat konten-konten yang ada di dalamnya. Selain itu, Anda juga akan merasa lebih bersemangat untuk membuat konten dan merawat blog tersebut. Tentu ada kebanggan tersendiri apabila melihat tampilan halaman yang menarik.

Nah, untuk mendesain halaman, Anda wajib untuk mengetahui dasar-dasar bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, dan JavaScript. Sebenarnya masih sangat banyak, namun tiga bahasa pemrograman di atas sudah cukup untuk digunakan.

Empat poin di atas sangat penting untuk diperhatikan agar blog bisa berada di halaman teratas mesin pencari. Dengan begitu, pengunjung akan datang dan memberikan peluang untuk menghasilkan pundi-pundi uang.

Selain menampilkan iklan Google AdSense, Anda juga bisa menghasilkan uang dengan menawarkan produk dan jasa kepada pembaca tersebut. Produk dan jasa apa? Sangat banyak produk dan jasa yang bisa Anda tawarkan kepada pembaca, contohnya seperti berikut:

  1. Jualan online
  2. Jasa SEO berbayar
  3. Backlink berbayar
  4. Review berbayar
  5. Iklan berbayar
  6. Afiliasi.

Sumber Penghasilan Blog

Jualan Online

Perlu diingat, Google masih menjadi sumber informasi nomor satu di dunia saat ini. Setidaknya, ada jutaan hingga miliaran lalu lintas pencarian di mesin pencarian Google. Dengan tingginya aktifitas pencarian tersebut, tentu sangat menguntungkan bagi blogger itu sendiri.

Apabila blog telah memiliki traffic atau pengunjung di atas 1.000, Anda kini bisa beralih menyediakan produk dan jasa yang bisa dipesan oleh pembaca seperti:

  1. Template
  2. Pulsa
  3. Voucher kuota data
  4. Dan masih banyak yang lainnya.

Ketiga contoh di atas hanya sebagian kecil dari produk yang bisa kita tawarkan. Sebagai contoh, mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan Mas Sugeng, Mbak Igniel, dan Mas Muhammad Maki? Ya, mereka adalah blogger Indonesia yang sukses menjual produk berupa template.

Bahkan, target pasar mereka bukan cuma di Indonesia. Terbukti dari kolom komentar dan testimoni produk di blog mereka, sudah sangat banyak blogger dari luar negeri yang membeli dan menggunakan template tersebut. Dengan kisaran harga sebesar Rp. 200.000, coba bayangkan berapa penghasilan mereka dalam satu produk?

Karena tidak semua orang mengerti tentang bahasa pemrograman, silahkan mencari produk lain yang kira-kira memiliki peluang dan menguntungkan.

Jasa SEO Berbayar

Seperti yang telah saya sebutkan tadi, terdapat jutaaan hingga milliaran lalu lintas pencarian setiap hari. Namun, banyaknya jumlah tersebut tidak akan berdampak apabila peringkat artikel rendah.

Fakta yang ada, pembaca biasanya hanya akan memilih artikel untuk dibaca di halaman pertama saja. Beruntung bagi Anda yang telah memiliki pengunjung yang loyal, mereka akan datang sendiri melalui brand blog Anda.

Lantas, bagaimana dengan mereka yang masih memiliki pengunjung yang sedikit? Peringkat artikel yang rendah? Blogger pemula? Nah, di sinilah Anda akan ikut turut serta. Anda bisa menawarkan jasa pengelolaan blog dengan mengoptimasi SEO berdasarkan pengetahuan yang dimiliki.

Backlink Berbayar

Poin ini masih sangat berkaitan dengan yang namanya traffic, visitor, atau pengunjung. Anda bisa memanfaatkan pengunjung tersebut untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan memberikan jasa backlink ke blogger lain.

Jika masih bingung dengan sistem backlink tersebut, silahkan berkunjung ke blog Mas Timon Adiyoso. Di blog tersebut, Mas Timon memberikan penawaran backlink dengan sistem berbayar.

Bagi yang belum tahu saja, backlink merupakan tautan yang akan mengalihkan suatu halaman ke halaman yang lain. Jika kita melihat data pengunjung blog Mas Timon, pengunjung per hari bisa sampai ribuan.

Nah, dengan adanya link atau URL artikel yang disimpan di tulisan Mas Timon, maka blog tersebut juga berpotensi untuk dikunjungi apabila ada yang mengklik atau menekan link tersebut.

Review Berbayar

Dalam hal berbisnis, promosi menjadi salah satu hal penting yang harus dilakukan untuk mengenalkan produk ke pasaran.

Salah satu media promosi yang sering digunakan oleh pelaku usaha untuk mempromosikan produk mereka adalah konten tulisan. Dengan tulisan tersebut, blogger akan melakukan review atau mengulas produk dari pelaku usaha tersebut. Anda akan sama-sama untung pastinya, produk mereka dikenal pembaca, dan Anda mendapatkan bayaran.

Dalam review tersebut, Anda hanya perlu menuliskan hal-hal positif yang bisa menarik minat para pembaca untuk segera melakukan pembelian. Cukup mudah bukan?

Iklan Berbayar

Jika poin sebelumnya lebih kepada mereview atau mengulas, kali ini lebih kepada ads placement. Apa itu? Jadi, ads placement merupakan penempatan iklan oleh pelaku usaha di halaman blog. Sebagai gantinya, mereka akan memberikan sejumlah penawaran seperti produk dan uang.

Selain bergantung dengan pelaku usaha, Anda juga bisa menghasilkan uang dengan menampilkan iklan dari Google AdSense. Untuk menjadi penayang iklan dari Google tersebut, Anda wajib untuk mengikuti semua peraturan dan persyaratan yang telah ditetapkan oleh Google.

Afiliasi

Bagi yang belum tahu saja, afiliasi merupakan kerja sama dalam hal penjualan suatu produk. Lalu, cara mendapatkan penghasilan bagaimana? Kan bukan produk kita? Jadi begini, Anda akan menerima bayaran apabila ada yang membeli dengan menggunakan link afiliasi Anda.

Sebagai contoh, Anda bergabung dengan afiliasi Mas Sugeng untuk menjual produk LinkMagz, Anda harus menampilkan konten produk tersebut di halaman blog agar bisa dilihat oleh semua pembaca. Nah, apabila ada yang membeli produk tersebut dengan menggunakan konten placement yang Anda simpan, maka Anda berhak mendapatkan komisi dari penjualan tersebut.

Dengan cara ini, Anda hanya perlu menempatkan konten placement tersebut di area yang diinginkan. Selebihnya, silahkan menunggu hingga ada yang membeli. Sangat mudah bukan?

Penutup

Seperti yang telah saya jelaskan di artikel-artikel sebelumnya, mengembangkan blog bisa dikatakan gampang-gampang susah. Selain dituntut untuk menyajikan konten yang berkualitas, kita juga diwajibkan untuk mengelola blog tersebut agar bisa lebih maksimal dan dikenal oleh banyak orang. Namun jangan khawatir, jika Anda memiliki dana yang cukup, Anda juga bisa menyewa jasa optimasi blog yang tentunya sudah ahli di bidangnya.

Setelah traffic sudah lumayan, Anda bisa mulai memikirkan peluang penghasilan yang lain. Selain tidak memerlukan usaha yang besar, penghasilan yang bisa dihasilkan juga sangat lumayan.

Nah, demikian artikel ini saya buat, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan membantu Anda semua. Jika masih ada pertanyaan, silahkan menghubungi saya lewat kolom komentar atau form kontak.