Perbedaan Smart TV dan Android TV

Perbedaan Smart TV dan Android TV

Perbedaan Smart TV dan Android TV - Sebagian dari Anda mungkin masih bingung dengan istilah Smart TV dan Android TV. Walaupun mirip dari segi sistem, namun kedua perangkat tersebut ternyata berbeda.

Perkembangan teknologi memang berlangsung sangat cepat, salah satunya yaitu televisi. Jika sebelumnya kebanyakan bermesin tabung, televisi sekarang ini dibuat setipis mungkin agar tidak terlalu makan banyak ruang.

Selain bentuk fisik, produsen televisi juga sangat memperhatikan fitur-fitur yang lebih canggih dan kekinian. Untuk lebih lengkapnya, silahkan baca sampai akhir.

Perbedaan Smart TV dan Android TV

Apa itu Smart TV?

Smart TV adalah perangkat televisi yang memiliki fitur lebih lengkap dan canggih dibandingkan TV pada umumnya. Ibarat smartphone, Smart TV juga punya sistem operasinya sendiri yang diatur oleh pabrikan.

Sistem operasi yang paling banyak digunakan saat ini adalah Tizen OS oleh Samsung dan Web OS oleh LG. Dengan jaringan internet, Anda bisa menikmati layanan multimedia populer seperti YouTube, Netflix, Spotify, dan masih yang lainnya.

Kelebihan

  1. Satu paket dengan TV
  2. Antarmuka sederhana.

Kekurangan

  1. Harga lebih mahal
  2. Aplikasi terbatas
  3. Tidak tersedia update sistem.

Apa itu Android TV?

Pada tanggal 25 Juni 2014, Google resmi mengganti Google TV dengan Android TV. Perangkat tersebut merupakan alat teknologi yang berguna untuk mengubah televisi umum menjadi Smart TV.

Adapun sistem operasi yang digunakan cukup beragam, tapi berkaca pada produk-produk di marketplace, Android TV rata-rata dilengkapi dengan OS Naougat ke atas.

Kelebihan

  1. Ketersediaan aplikasi yang beragam
  2. Terhubung langsung dengan produk Google
  3. Update sistem rutin.

Kekurangan

  1. Membutuhkan ruang penyimpanan untuk menjalankan aplikasi
  2. Antarmuka ribet.

Pilih Smart TV atau Android TV?

Mana yang lebih baik sebenarnya tergantung dari Anda sendiri. Oh iya, dua produk di atas hanya bisa digunakan apabila terhubung dengan jaringan internet atau wifi.

Menurut saya pribadi, Smart TV lebih baik dengan penggunaan yang lebih simpel. Walaupun lebih mahal, tapi sebanding dengan kecanggihan yang tidak dimiliki televisi pada umumnya.

Penutup

Secara umum, Smart TV mempunyai cara kerja yang sama dengan Android TV untuk menjalankan berbagai macam aplikasi. Namun aplikasi pada Smart TV lebih terbatas karena tidak memiliki layanan Google Play Store.

Cukup sekian artikel tentang Perbedaan Smart TV dan Android TV ini, Terima kasih.

Suka menulis berita yang berhubungan dengan dunia teknologi khususnya Blog, Aplikasi, Jaringan, Smartphone, dan Desktop

Posting Komentar